More

    Baru Episode 2 Drama Joseon Exorcist Diberhentikan

    bieber-news.com – Baru tayang episode 2, drama Joseon Exorcist diberhentikan, pada 22 Maret 2021 lalu drama ini baru saja menayangkan episode perdananya. Di episode pertamanya, salah satu adegan dalam drama ini menceritakan Pangeran Chungnyeong menghibur pengusir setan dari Barat, Yo Han dan penerjemah Marco, menyusul serangan dari zombie yang muncul di Joseon. Pangeran Chungnyeong diperintahkan oleh ayahnya yaitu Raja Taejong untuk melakukan perjalanan ke sekitar perbatasan Dinasti Ming dekat Kabupaten Uiju untuk bertemu dengan Yo Han yang merupakan pengusir setan dari Barat.

    Dilokasi tersebut akhirnya Pangeran Chungnyeong bisa bertatapan langsung dengan Yo Han dan penerjemah Marco, dalam adegan tersebut para penonton menyadari adanya kue bulan dan telur pitan China di atas meja makan, ada juga pangsit China dan minuman keras China dengan bahasa Mandarin. Properti yang digunakan dalam drama ini di episode 1 menarik perhatian warga Korea yang menilai kalau drama ini sudah menodai penggambaran sejarah Korea.

    Sejak lama budaya China yang muncul di drama maupun film Korea memang menjadi isu yang sensitif, biasanya drama-drama yang mengusung genre historikal ini lah yang sering terseret kontroversi. Selain drama Joseon Exorcist, sebelumnya drama Mr. Queen hingga River Where The Moon Rises juga pernah mengalami kejadian yang sama, tidak berselang lama setelah topik ini menjadi bahan perbincangan banyak netizen SBS kemudian angkat bicara terkait kemunculan properti tersebut.

    Mereka menyebutkan kalau properti tersebut ditampilkan karena berkaitan dengan jalan ceritanya, “Kamu menetapkan lokasi sebagai sekitar Kabupaten Uiju untuk menekankan situasi di mana pangeran ketiga, Pangeran Chungnyeong, harus melakukan perjalanan jauh ke perbatasan Tiongkok menggantikan Putra Mahkota Yangnyeong secara berurutan untuk mengembalikan pengusir setan Barat dan kami menambahkan teks” ucapnya.

    Dari kejadian itu pihaknya tidak berniat untuk menodai budaya Korea, ini hanyalah keperluan tambahan untuk menjelaskan lokasi karakter saat berada di daerah terpencil yang jauh dari Hanyang, “Kamu meminta maaf karena menyebabkan ketidaknyamanan selama menonton melalui pemandangan yang dapat disalahpahami selama waktu sensitive ini, kami akan memperhatikan produksi di siaran mendatang” ucapnya, meskipun mendapat banyak kecaman dari netizen , berdasarkan dari data yang dirilis oleh Nielsen Korea, episode perdananya ini bahkan mencatat angka 5,7 dan 8,9 persen secara nasional.

    drama Joseon Exorcist diberhentikan

    Namun setelah episode 2 tayang, netizen kembali mengecam agar drama Joseon Exorcist diberhentikan, para penonton menganggap drama tersebut telah memutar balik sejarah hingga menodai peninggalan leluhur karena menggunakan properti yang bukan berasal dari Korea. Akibat kontroversi ini beberapa brand termasuk LG Household & Health Care resmi menghentikan sponsor mereka untuk drama ini. Bukan hanya LG, namun juga Cozyma juga memutuskan untuk melakukan hal yang sama, dan pada 24 Maret 2021 lalu pihak SBS sudah membantah adanya penyimpangan sejarah dalam Joseon Exorcist dan meminta maaf.

    Kini kontroversi drama Joseon Exorcist sudah sampai website resmi Presiden Korea Selatan atau Blue House, kemudian netizen menyemarakkan petisi agar drama tersebut dihentikan penayangannya. Petisi ini diajukan karena keprihatinan kalau Joseon Exorcist menggunakan tokoh sejarah yang nyata dalam drama, padahal drama ini memiliki genre fantasi, “Kami meminta Blue House untuk mencegah terjadinya distorsi serius dalam sejarah kamu di masa depan” kata petisi tersebut, petisi ini juga meminta agar para aktor dan aktris yang membintangi drama tersebut untuk merefleksikan diri atas kontroversi sejarah dan budaya ini.

    Dari kabar drama Joseon Exorcist diberhentikan, perlu kamu ketahui kalau Korea Selatan dikenal sebagai salah satu Negara yang memang sangat menjunjung tinggi sejarah dan budaya peninggalan leluhur, maka dari itu isu yang berkaitan dengan dua hal ini mendapatkan perhatian lebih dan siap dibela oleh banyak netizen. Selain itu dalam drama ini dinilai tidak sesuai dengan catatan sejarah yang ada, China dan Korea Selatan sendiri memang tengah bersitegang, belakang ini China mengklaim kalau pakaian tradisional hanbok dan Kimchi merupakan bagian dari sejarah mereka.

    Karena propaganda ini lah, netizen China sempat membanjiri kolom komentar postingan orang Korea di Instagram dengan kata-kata negative, termasuk menghardik mereka sebagai pencuri hingga mengelu-elukan budaya yang dianggap milik mereka. Dari petisi yang ditandatangani oleh ratusan ribu netizen akhirnya drama Joseon Exorcist diberhentikan tayang dan pihak SBS sampai saat ini belum merilis pernyataan resmi. Dengan demikian minggu depan tidak akan tayang episode 3 dan 4, beberapa netizen lainnya juga masih banyak yang mendukung kalau drama ini tetap tayang.

    Related articles

    Comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Share article

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.