More

    BTS Kalah Grammy Awards 2021, Begini Reaksi Kritikus Musik

    bieber-news.com – BTS kalah Grammy Awards 2021 yang baru saja digelar pada Minggu, 14 Maret 2021 lalu di Los Angeles Convention Center, California, Amerika Serikat, tanpa adanya penonton. Para pengisi acara tampil secara langsung dari venue acara, walaupun Grammy 2021 ini menggunakan tempat lain untuk pembacaan nominasi dan pengumuman pemenang dari setiap kategorinya, BTS sendiri selain masuk ke dalam nominasi Best Pop Duo/Group Performance, mereka juga memiliki kesempatan untuk melakukan penampilan solo untuk pertama kalinya di atas panggung Grammy 2021.

    Karena adanya pandemi virus corona yang masih mewabah, BTS menyuguhkan penampilan dari Korea Selatan dan disiarkan langsung dalam Grammys 2021. Di sisi lain BTS bersaing dengan J Balvin, Dua Lipa, Bad Bunny dan Tainy untuk lagu Un Dia (One Day), Justin Bieber featuring Quavo – Intentions, Lady Gaga dan Ariana Grande – Rain on Me, dan Taylor Swift featuring Bon Iver – Exile untuk memperebutkan trofi pemenang Best Pop Duo/Group Performance.

    Kategori Best Pop Duo/Group Performance Grammys 2021 sendiri dimenangkan oleh Lady Gaga dan Ariana Grande, lagu Rain on Me sendiri merupakan salah satu track dari album keenam Lady Gaga yang bertajuk Chromativa yang dirilis Mei 2020 lalu, lagu ini disebut-sebut sebagai hasil kolaborasi pertama dari penyanyi wanita yang berhasil memuncaki chart Billboard Hot 100. Meskipun BTS kalah Grammy Awards 2021, BTS merupakan artis Kpop pertama yang dinominasikan untuk Grammy, Boyband yang beranggotakan tujuh member ini juga merupakan artis Asia pertama yang masuk ke dalam kategori Best Pop Duo/group Performance.

    BTS Kalah Grammy Awards

    Seorang kritikus musik yang bernama Jung Min Jae mengatakan pada outlet The Korea Herald kalau BTS sebenarnya memiliki peluang untuk memenangkan kategori Best Pop Duo/Group Performance, terlebih lagi melihat kesuksesan besar-besaran lagu Dynamite, “Peluangnya tampak tidak terlalu rendah, dengan lagu Dynamite bertahan lama di peringkat teratas tangga lagu musik dna bahkan naik kembali baru-baru ini, tapi nominasi lain terlalu kuat dalam persaingan” ucapnya. Namun fakta kalau BTS berhasil mencapai tahap nominasi dapat dilihat sebagai langkah besar untuk Grammy yang terkenal konservatif terhadap lagu-lagu dari genre baru, terutama lagu-lagu dari artis non-Barat dan yang dinyanyikan dalam bahasa selain bahasa Inggris.

    “Kamu tidak dapat menyangkal kalau nominasi itu sendiri memiliki makna yang besar, bukan hanya artis Kpop, seperti BTS, tapi tidak umum bagi boyband atau girlband dinominasikan atau memenangkan penghargaan di Grammy” ucap Jung Min Jae. BTS pertama diundang ke Grammys pada tahun 2019 sebagai pembaca nominasi untuk kategori Best R&B album dimenangkan oleh H.E.R. selain itu, album Love Yourself: Tear yang berhasil masuk kategori Best Recording Package, namun yang dinominasikan sutradara album bukan BTS sendiri. Meskipun BTS kalah Grammy Awards 2021, BTS juga mendapat kesempatan untuk tampil di Grammys 2020 walaupun mereka tidak masuk nominasi namun mereka berhasil mengguncang panggung dengan melakukan kolaborasi apik bersama dengan Lil Nas X.

    Bahkan nama BTS menjadi musisi Korea pertama yang bisa tampil di panggung prestisius tersebut dan akhirnya pada Grammys 2021 BTS berhasil masuk ke dalam nominasi dan pengisi  acara. Walaupun tidak memenangkan trofi Grammy, BTS berhasil membuat sejarah dengan lagu Dynamite, setelah dirilis pada 21 Agustus 2020 lalu, single berbahasa Inggris ini memulai debutnya di puncak Billboard Hot 100. Lagu Dynamite milik BTS  menjadi lagu pertama dari artis Korea yang menduduki puncak tangga lagu Amerika, setelah bertahan disana selama tiga minggu pada puncaknya, Dynamite sudah berulang kali kembali dalam chart dan beberapa di peringkat 50 teratas selama kurun waktu 28 minggu.

    Sementara untuk MV dari lagu Dynamite sendiri berhasil mengumpulkan rekor 101 juta penayangan dalam waktu 24 jam setelah videonya tersebut di rilis di Youtube, mengetahui idolanya gagal membawa trofi Best Pop Duo/Group Performance di Grammy Awards membuat para Army semakin semangat dan tetap mendukung BTS, mereka juga mengatakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook sudah sangat bekerja keras untuk memecahkan rekor sebagai artis Korea pertama yang melakukannya.

    Related articles

    Comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Share article

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.