More

    Film Bertema Kesehatan Mental yang Wajib Kamu Tonton

    Bieber-news.com – Isu kesehatan mental jadi salah satu isu yang sensitif untuk dibicarakan, padahal kesehatan mental sendiri merupakan isu yang penting dan perlu untuk mendapat banyak perhatian. Namun, akhir-akhir ini sendiri ada banyak film yang berani mengangkat isu tersebut, baik dari perfilman Indonesia maupun dunia, tentunya hal ini merupakan kabar baik karena bisa membantu betapa pentingnya kesadaran mengenai kesehatan mental. Belum lama ini Indonesia menayangkan sebuah film bertema kesehatan mental yang wajib ditonton, apa saja judul film lainnya? Berikut ini ulasannya.

    Film Bertema Kesehatan Mental, Kukira Kau Rumah Terbaru

    All The Bright Places

    Judul film pertama yaitu All The Bright Places yang menceritakan tentang seorang perempuan penyendiri yang bernama Violet Marley, ia dihantui oleh rasa bersalah atas kematian sang kakak yang cukup tragis. Violet kemudian bertemu dengan Theodore Finc, yang merupakan teman masa sekolahnya yang ternyata memiliki sisi gelap dan traumanya sendiri.

    Mereka mendapatkan tugas untuk menulis Esai mengenai tempat indah yang ada di Indiana, walaupun awalnya menolak, namun Violet akhirnya memutuskan untuk menerima ajakan dari Finch lalu melakukan perjalanan bersama untuk menyelesaikan esai mereka. Dalam film ini sendiri kamu akan melihat bagaimana perjalanan Violet dan Finch mengunjungi tempat-tempat indah di Indiana sambil berjuang untuk mengatasi trauma masing-masing.

    A Beautiful Mind

    Film yang bertema kesehatan mental yang selanjutnya berjudul A Beautiful Mind, film yang satu ini merupakan film yang bertema kesehatan mental dan diangkat berdasarkan kisah nyata dari seorang peraih nobel di bidang ekonomi bernama John Nash. Ia memiliki prestasi yang membuat orang lain kagum dengannya, ternyata John Nash menderita penyakit mental serius yaitu skizofrenia.

    Hal ini membuatnya kesulitan untuk membedakan antara kejadian realita dan khayalan. Ia harus bergelut dengan kondisi tersebut untuk waktu yang lama, film tersebut diperankan oleh aktor papan atas Russel Crowe dan Jennifer Connelly, film ini juga akan membuat orang sadar betapa pentingnya untuk sadar dengan isu kesehatan mental.

    27 Steps Of May

    Yang selanjutnya yaitu 27 Steps Of May yang merupakan film Indonesia yang menceritakan pengalaman May yang diperankan oleh Raihaanun. Diceritakan kalau ia sedang berjuang melawan rasa trauma dari kekerasan seksual yang dialami olehnya, hal ini tentunya membuat May mengurung diri di kamar selama berhari-hari dan menderita depresi yang cukup berat.

    Ia bahkan sempat melakukan percobaan bunuh diri, sang ayah yang diperankan oleh Lukman Sardi juga ikut terpuruk dengan keadaan yang menimpa putrinya. Film ini menampilkan bagaimana kondisi mental seorang penyintas kekerasan seksual dan perjuangan sang ayah untuk membantu anaknya yang mengalami rasa trauma berat, film ini sangat menguras emosi para penontonnya, kamu wajib menonton!

    Black Swan

    Film yang bertema kesehatan mental yang selanjutnya berjudul Black Swan, film yang satu ini sendiri menceritakan tentang kisah Nina Sayer yang diperankan oleh Natalie Portman yang merupakan seorang penari balet. Ia menderita gangguan mental berupa delusi dan halusinasi.

    Black Swan ini hadir dengan psychological thriller, sepanjang cerita penonton akan diajak untuk merasakan ungkapan dan tuntutan yang dialami oleh Nina untuk bisa tampil dengan sempurna di atas panggung. Tidak hanya itu saja, akan ditunjukkan juga sisi gelap dan persaingan di dunia seni tari yang ternyata tidak seindah penampilan di panggung, bagaimana kelanjutannya? Kamu wajib menonton film ini.

    Horse Girl

    Yang selanjutnya yaitu Horse Girl yang menceritakan tentang tokoh utama perempuan, film ini diperankan oleh Alison Brie sebagai Sarah yang pemalu dan tidak memiliki banyak teman. Setiap hari ia bekerja di sebuah toko kerajinan tangan dan menghabiskan waktunya untuk menonton TV, mengunjungi makam sang ibu dan bermain bersama dengan kuda peliharaanya.

    Perlahan Sarah mulai kehilangan kewarasannya, ia sering berhalusinasi bahkan kehilangan kesadaran karena kisah masa lalu yang traumatis. Melalui Horse Girl ini penonton akan diajak untuk merasakan apa yang dirasakan oleh penderita Skizofrenia.

    Kukira Kau Rumah

    Dan terakhir, yaitu Kukira Kau Rumah. Film yang satu ini masih terbilang baru dan rilis tahun 2022 ini. Film asal Indonesia ini diperankan oleh Prilly Latuconsina sebagai Niskala dan Jourdy Pranata sebagai Pram, film ini menceritakan tentang Niskala yang menderita gangguan mental yaitu bipolar.

    Ketidakstabilan emosi yang dialami olehnya karena kekangan dari orangtua yang membuat hidupnya menjadi begitu sengsara, namun semuanya berubah setelah ia bertemu dengan Pram, seorang pemuda yang menjadinya lebih baik. Film ini dikemas dengan apik dan sangat menguras emosi para penonton, berikut deretan film bertema kesehatan mental yang wajib kamu tonton.

    Related articles

    Comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Share article

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.