More

    Inilah Alasan Kamu Wajib Nonton Frontier Sumatra, Dokumenter Terbaik!

    Bieber-news.com – Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) di Tahun 2022 telah sukses dilaksanakan pada tanggal 29 sampai 30 September lalu. Imgs ini menghadirkan serangkaian acara menarik dan juga inspiratif, imgs 2022 menghadirkan pembicara yang visioner juga. Maka dari itu, wajib banget yang namanya nonton film dokumenter bertajuk Frontier Sumatera. Alasan nonton Frontier Sumatra memang menarik untuk diketahui saat ini. Ada banyak serangkaian acara menarik di sana dan menghadirkan tiurma rosinta Siagian dan Medina Kamil sebagai pembicaranya.

    Film dokumenter satu ini, memiliki kisah perjuangan yang melibatkan berbagai pihak dalam mengembalikan ekosistem hutan di area restorasi ekosistem Riau. Pihak yang terlibat antara lain para ahli, petugas hutan dan masyarakat umum. Sangat menarik ternyata untuk ditonton dan kamu perlu mengetahui berbagai alasannya seperti berikut, supaya lebih mencintai lingkungan. Inspiratif banget!

    Berbagai Alasan Nonton Frontier Sumatra Dalam Penayangan Dokumenter 2022

    Alasan-Nonton-Frontier-Sumatra

         1. Milenial dan Gen Z Harus Tahu Jika Indonesia Sangat Kaya dan Cantik

    Alasan nonton Frontier Sumatera dalam penayangan dokumenter 2022 pertama yaitu, dikarenakan milenial dan generasi Z harus tahu kalau Indonesia sangat kaya dan cantik. Area RER rupanya, berada di dua wilayah yakni, Semenanjung Kampar dan Pulau Padang yang merupakan hutan gambut hijau. Hutan gambut merupakan hutan yang memiliki kandungan air di dalam tanah sehingga sisa-sisa tanaman mati ataupun binatang sulit kali untuk teruraikan.

    Lahan gambut Akan membentuk lapisan asam Seiring berjalannya waktu dan hutan gambut merupakan hutan yang sangat istimewa karena tanah gambut mengandung hampir 30% karbondioksida berbahaya di dunia. Jika mengalami kekeringan, akan meningkatkan potensi kebakaran yang besar lantaran gambut yang semula basah menjadi kering layaknya kayu kering. Apabila tersulut api, langsung terbakar hangus begitu saja! Hal ini dapat menyebabkan kebakaran yang besar dan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar.

    Kerusakan hutan menjadi isu krusial yang dapat berdampak buruk bagi keberlangsungan ekosistem dan kehidupan manusia di masa depan. Peran penting di dalam mengembalikan ekosistem hutan diambil oleh restorasi ekosistem Riau dan dibentuk oleh grup pada April 2013 lalu. Restorasi ekosistem Riau merupakan kolaborasi dari kerjasama pihak swasta dan publik untuk mengembalikan dan menjaga ekosistem hutan Riau.

    Di dalam film dokumenter satu ini, areanya mengalami restorasi dan terlihat begitu cantik, kaya akan ragam flora dan fauna. Kawasan yang patut untuk dilindungi dan dijaga demi kebaikan bersama!

         2. Menampilkan Kekayaan Alam di Kawasan Hutan Gambut

    Selanjutnya menampilkan kekayaan alam di kawasan hutan gambut sebagai alasan, wajib nonton film dokumenter Frontier Sumatra. Filmnya menampilkan berbagai spesies binatang dan membuat kamu menjadi terpana, spesies langka yang terekam kamera pun, seperti kucing kepala datar Sunda, harimau sumatera dan lainnya.

    Area tersebut menjadi tempat tinggal 600 lebih spesies, hewan yang beberapa diantaranya terancam punah. Tidak hanya itu saja, terdapat adegan yang menampilkan bahwa manusia dapat hidup berdampingan dengan hutan yakni ketika para pencari madu melakukan kerjasama dengan tim RER.

         3. Pentingnya Restorasi Hutan demi Ekosistem dan keberlangsungan Hidup Manusia Seimbang

    Terakhir, alasan nonton film Frontier Sumatra, yaitu pentingnya sebuah restorasi hutan demi ekosistem dan keberlangsungan hidup manusia yang seimbang. Restorasi ekosistem Riau mengambil peran penting dalam mengembalikan ekosistem hutan gambut di Riau.

    Bahkan menerapkan model empat tahap dan mendukung perlindungan hutan gambut, yakni restorasi dan konservasi, mengembalikan spesies flora dan fauna, mengkaji ekosistem hingga mengelola secara berkelanjutan. Ancaman itu dapat merusak hutan dan berdampak buruk bagi umat manusia, belum lagi kekeringan bisa mengancam hutan gambut dan menyebabkan kebakaran hutan yang lebih besar. Hutan Gambuh sendiri sangat penting untuk menyeimbangkan iklim, cegah erosi dan banjir serta menyediakan oksigen dan makanan bagi umat manusia.

    Dibalik itu, fakta yang dapat kamu temukan dalam film dokumenter Frontier Sumatra, terlihat semua pihak termasuk para ilmuwan, masyarakat dan penjaga hutan melakukan kerjasama menjaga hutan gambut yang ada di Riau. Bagaimana ketiga alasan nonton Frontier Sumatra di atas sudah sangat meyakinkan diri, untuk menonton film dokumenter satu ini?

    Related articles

    Comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Share article

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.