More

    Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Simak 5 Faktanya!

    bieber-news.com – Kebakaran baru-baru ini melanda Depo Pertamina Plumpang yang terjadi pada hari Jumat, 3 Februari 2023 kemarin di Jakarta Utara. Kebakaran depo pertamina plumpang sendiri terjadi pada malam hari. Dimana, kebakaran di Depo Pertamina Plumpang itu sudah menewaskan belasan orang. Beberapa orang juga bahkan dilaporkan hilang dikarenakan merembet ke pemukiman penduduk Tanah Merah. Bahkan, kebakaran maut Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menyuguhkan dua pilihan.

    Dua pilihan solusi yang ditawarkan oleh Presiden Jokowi supaya tragedi mengerikan tersebut tidak terulang kembali. Pilihan pertama yang disuguhkan Jokowi merupakan memindahkan Depo Pertamina Plumpang ke Pulau Reklamasi. Sementara itu ada opsi kedua, merelokasi penduduk sekitar. “Sebab zona ini bahaya, nggak bisa ditinggali lagi namun perlu solusi,” tandas Joko Widodo dilansir dari detik.com. Untuk itu ada beberapa fakta terkait dengan kebakaran mengerikan ini, apa saja itu?

    Fakta Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

    1. Kronologi Kebakaran
      Dimana, kebakaran ini lokasinya ada di Depo Pertamina Plumpang, Jl. Tanah Merah Bawah, RT 12/RW 09, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara. Kesaksian warga yang terdengar bahwa adanya suara ledakan, ada juga yang mengaku bahwa mendengar suara petir, disusul oleh bau bensin maupun bahan bakar minyak secara menyeruak, dan terjadinya kebakaran. Api menjalar ke pemukiman penduduk sekitar Depo Pertamina. Penduduk panik yang berlarian menyelamatkan keluarga, diri, dan barang-barang.
    2. Penyebab Belum Diketahui
      Sementara itu, soal penyebab kebakaran sendiri belum diketahui. Menteri BUMN Erick Thohir meminta PT Pertamina (Persero) untuk mengusut tuntas terkait peristiwa kebakaran itu. Yap, dimana kebakaran di Depo Pertamina itu sampai saat ini belum diketahui. Sebelumnya, Erick juga menyampaikan belasungkawa kepada pihak keluarga korban kebakaran di Depo Pertamina Plumpang. “Saat ini fokus kita secepatnya melakukan penanganan korban,” ucap Erick Thohir.

      “Serta mengantisipasi dampak ditimbulkan, terkait evakuasi pastinya dilakukan setelah ada investigasi mendalam soal kejadian,” sambungnya. “Sudah menelpon Dirut Pertamina, disebabkan paling penting gimana Pertamina bersama sejumlah pihak secepatnya memadamkan api buat bisa menyelamatkan korban dengan warga sekitar,” ucapnya kepada wartawan. “Saya menyampaikan belasungkawa sedalamnya kepada pihak keluarga korban,” ucap Erick. “Kita semua sedih menerima musibah ini,” ucapnya.Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

    3. Mobil sampai Rumah Hangus
      Belasan mobil ludes dilalap api terparkir di halaman kediaman penduduk yang menjadi tempat penitipan kendaraannya. Diantaranya mobil-mobil yang dititipkan di kediaman Tri Wahono (50). Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara menghanguskan beberapa rumah warga juga.

      Tampak belasan mobil yang sudah ludes terbakar. Mobil-mobil hangus itu dan juga kaca yang pecah. Sekitar ada 17 mobil hangus yang sudah terbakar. “Terdapat mobil rental dengan yang parkir juga kita menerima penitipan soalnya,” tandas Tri, Sabtu 4 Maret 2023 kemarin.

    4. Jenazah Diidentifikasi di RS Polri
      Dimana, pihak polisi mulai mengidentifikasi korban kebakaran. Kondisi jenazah ada yang terbakar total dan bahkan ada juga yang utuh. Buat bisa memudahkan identifikasi jenazah korban dari kebakaran Depo, maka dengan begitu pihak kepolisian harus melakukan pendataan postmortem serta antemortem. Dengan didirikan posko supaya keluarga yang kehilangan anggotanya dapat melaporkan ke posko.

      “Saat ini sedang diproses, disebabkan korban ada yang utuh juga dan ada mengalami luka bakar hingga 100%,” tandas Kapolda Metro Jaya, pada hari Sabtu, 4 Maret 2023. “Maka posko ini tujuannya besok buat yang kehilangan keluarga akan diambil identifikasi primernya,” sambungnya. “Sidik jari apabila memiliki data sidik jari,” lanjutnya. “Dan kemudian sidik gigi apabila ada giginya dan jika tidak ada maka menggunakan DNA,” tandasnya.

    5. Jumlah Korban Terkini
      Pada hari Sabtu, 4 Maret 2023 kemarin jam 08.36 WIB ada 15 orang meninggal dunia, 8 orang dinyatakan hilang, 49 orang mengalami luka berat, dan 2 orang mengalami luka sedang. Ratusan warga terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang masih mengungsi juga di Posko PMI dengan jumlah 342 orang terdiri dari 26 lansia, 39 balita, 113 anak, dan 171 orang dewasa. Untuk itu sampai saat ini belum ada informasi lagi terkait jumlah korban.

    Related articles

    Comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Share article

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.